Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Karakteristik Penelitian Tindakan
Kelas
Karakteristik
Penelitian Tindakan KelasKarakteristik
adalah ciri utama yang membedakan penelitiantindakan
kelas dengan berbagai jenis penelitian lainnya, yaitu:
1.
Ditinjau dari segi problema (permasalahan), karakteristik PTKadalah masalah yang diangkat dari persoalan
praktik atau proses pembelajaran sehari-hari di kelas yang benar-benar
dirasakanlangsung oleh guru.
2.
Dilihat dari bentuk kegiatan, Penelitian Tindakan Kelas selaluberangkat dari ke-sadaran kritis guru
terhadap persoalan yangterjadi
ketika praktik dan proses pembelajaran berlangsung, danguru menyadari pentingnya untuk mencari
pemecahan masalahmelalui suatu
tindakan atau aksi yang direncanakan dandilakukan
secermat mungkin dengan cara-cara ilmiah dansistematis.
3.
Karakteristik yang unik dari penelitian tindakan kelas, yaituadanya rencana tindakan-tindakan (aksi)
tertentu untukmemperbaiki
praktik dan proses pembelajaran di kelas. Jikapenelitian
yang dilakukan hanya sekadar ingin tabu tanpa diser-tai tindakan-tindakan tertentu untuk
memperbaiki persoalanatau
permasalahan maka penelitian itu tidak bisa disebut sebagaipenelitian tindakan kelas.
4.
Secara khusus PTK mempunyai ciri (Whitehrad, 2003)
a.
Adanya komitmen pada peningkatan pendidikan
b.
Ada maksud yang jelas untuk melakukan intervensi ke dalamdan peningkatan pemahaman dan praktik
seseorang sertauntuk menenrima
tanggung jawab dirinya sendiri.
c.
PTK direncanakan berdasarkan refleksi kritis terhadappraktik terkait berdasarkan nilai-nilai yang
diyakini kebena-rannya.
Tindakan dalam PTK juga dilakukan atas dasarkomitmen
kuat dan keyakinan bahwa situasi dapat diubahkearah
perbaikan.
d.
Dalam PTK dilakukan pemantauan sistemik untukmenghasilkan
data atau informasi yang valid.
e.
PTK melibatkan deskripsi autentik tentang tindakan.Deskripsi dimaksud berkaitan dengan kegiatan
yang telahterjadi dan biasanya
dalam bentuk laporan.
Karakteristik
PTK dikemukakan juga oleh Kunandar (2010)dengan
rinci, sebagai berikut:
1.
On-the job problem oriented (masalah yang diteliti adalah masalahriil atau nyata yang muncul dari dunia kerja
peneliti itu sendiri).PTK
didasarkan pada masalah yang benar-benar dihadapi gurudalam proses pembelajaran di kelas
2.
2. Prolem-solving oriented (berorientasi pada pemecahan masalah).Guru dapat memecahkan masalah yang
dihadapinya di kelasmelalui
suatu tindakan tertentu.
3.
Improvement-oriented (berorientasi pada peningkatan mutu).
4.
Ciclic (siklus).Konsep tindakan terdiri dari beberapa tahapberdaur ulang (cyclical).
Siklus terdiri dari (perencanaan,melakukan
tindakan, pengamatan atau observasi serta refleksi).
5. Action
oriented. Dalam PTK selalu
didasarkan pada adanyatindakan
tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas.
6.
Pengkajian terhadap dampak tindakan.
Dampak tindakan yangdilakukan
harus dikaji apakah sesuai dengan tujuan, apakahmemberikan
dampak positif lain yang tidak diduga sebelum-nya,
atau bahkan menimbulkan dampak negatif yangmerugikan
siswa.
7.
Specific contextual. Aktivitas PTK dipicu oleh permasalahanpraktis yang dihadapi oleh guru dalam proses
pembelajarandi kelas.
Permasalahan dalam PTK yang sifatnya spesifikkontekstual
dan situasional sesuai dengan karakteristik siswadalam
kelas tersebut.
8.
Partisipatory (collaborative). PTK dilaksanakan secara kolaboratifdan bermitra dengan pihak lain. Dalam PTK
perlu adanyapartisipasi dari
pihak lain yang berperan sebagai pengamat,untuk
mendukung objektivitas dari hasil PTK. Adanya upayakolaborasi antara guru dengan teman sejawat
(para guru ataupeneliti) lainnya
dalam rangka membantu untuk mengobser-vasi
dan merumuskan persoalan mendasar yang perlu diatasi
9.
Adanya refleksi. Refleksi adalah merenungkan apa yang sudahdikerjakan baik dalam kelas maupun di luar
kelas. Dalamrefleksi banyak hal
yang harus dilakukan, yaitu mulai darimengevaluasi
tindakan sampai dengan memutuskan apakahmasalah
itu tuntas atau perlu tindakan lain dalam siklusberikutnya.
10.
Dilaksanakan dalam rangkaian langkah
dengan beberapa siklusdimana
dalam satu siklus terdiri dari tahapan perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi dan
seterusnya diulangkembali dalam
beberapa siklus.
DAFTAR PUSTAKA
Kunandar.
2010. Guru Profesional. Jakarta:
Rajawali Press.
Comments
Post a Comment