Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas


Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Karakteristik Penelitian Tindakan KelasKarakteristik adalah ciri utama yang membedakan penelitiantindakan kelas dengan berbagai jenis penelitian lainnya, yaitu:

1. Ditinjau dari segi problema (permasalahan), karakteristik PTKadalah masalah yang diangkat dari persoalan praktik atau proses pembelajaran sehari-hari di kelas yang benar-benar dirasakanlangsung oleh guru.
2. Dilihat dari bentuk kegiatan, Penelitian Tindakan Kelas selaluberangkat dari ke-sadaran kritis guru terhadap persoalan yangterjadi ketika praktik dan proses pembelajaran berlangsung, danguru menyadari pentingnya untuk mencari pemecahan masalahmelalui suatu tindakan atau aksi yang direncanakan dandilakukan secermat mungkin dengan cara-cara ilmiah dansistematis.
3. Karakteristik yang unik dari penelitian tindakan kelas, yaituadanya rencana tindakan-tindakan (aksi) tertentu untukmemperbaiki praktik dan proses pembelajaran di kelas. Jikapenelitian yang dilakukan hanya sekadar ingin tabu tanpa diser-tai tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki persoalanatau permasalahan maka penelitian itu tidak bisa disebut sebagaipenelitian tindakan kelas.
4. Secara khusus PTK mempunyai ciri (Whitehrad, 2003)
a. Adanya komitmen pada peningkatan pendidikan
b. Ada maksud yang jelas untuk melakukan intervensi ke dalamdan peningkatan pemahaman dan praktik seseorang sertauntuk menenrima tanggung jawab dirinya sendiri.
c. PTK direncanakan berdasarkan refleksi kritis terhadappraktik terkait berdasarkan nilai-nilai yang diyakini kebena-rannya. Tindakan dalam PTK juga dilakukan atas dasarkomitmen kuat dan keyakinan bahwa situasi dapat diubahkearah perbaikan.
d. Dalam PTK dilakukan pemantauan sistemik untukmenghasilkan data atau informasi yang valid.
e. PTK melibatkan deskripsi autentik tentang tindakan.Deskripsi dimaksud berkaitan dengan kegiatan yang telahterjadi dan biasanya dalam bentuk laporan.
Karakteristik PTK dikemukakan juga oleh Kunandar (2010)dengan rinci, sebagai berikut:
1.      On-the job problem oriented (masalah yang diteliti adalah masalahriil atau nyata yang muncul dari dunia kerja peneliti itu sendiri).PTK didasarkan pada masalah yang benar-benar dihadapi gurudalam proses pembelajaran di kelas
2.      2. Prolem-solving oriented (berorientasi pada pemecahan masalah).Guru dapat memecahkan masalah yang dihadapinya di kelasmelalui suatu tindakan tertentu.
3.      Improvement-oriented (berorientasi pada peningkatan mutu).
4.      Ciclic (siklus).Konsep tindakan terdiri dari beberapa tahapberdaur ulang (cyclical). Siklus terdiri dari (perencanaan,melakukan tindakan, pengamatan atau observasi serta refleksi).
5.      Action oriented. Dalam PTK selalu didasarkan pada adanyatindakan tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas.
6.      Pengkajian terhadap dampak tindakan. Dampak tindakan yangdilakukan harus dikaji apakah sesuai dengan tujuan, apakahmemberikan dampak positif lain yang tidak diduga sebelum-nya, atau bahkan menimbulkan dampak negatif yangmerugikan siswa.
7.      Specific contextual. Aktivitas PTK dipicu oleh permasalahanpraktis yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajarandi kelas. Permasalahan dalam PTK yang sifatnya spesifikkontekstual dan situasional sesuai dengan karakteristik siswadalam kelas tersebut.
8.      Partisipatory (collaborative). PTK dilaksanakan secara kolaboratifdan bermitra dengan pihak lain. Dalam PTK perlu adanyapartisipasi dari pihak lain yang berperan sebagai pengamat,untuk mendukung objektivitas dari hasil PTK. Adanya upayakolaborasi antara guru dengan teman sejawat (para guru ataupeneliti) lainnya dalam rangka membantu untuk mengobser-vasi dan merumuskan persoalan mendasar yang perlu diatasi
9.      Adanya refleksi. Refleksi adalah merenungkan apa yang sudahdikerjakan baik dalam kelas maupun di luar kelas. Dalamrefleksi banyak hal yang harus dilakukan, yaitu mulai darimengevaluasi tindakan sampai dengan memutuskan apakahmasalah itu tuntas atau perlu tindakan lain dalam siklusberikutnya.
10.  Dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklusdimana dalam satu siklus terdiri dari tahapan perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi dan seterusnya diulangkembali dalam beberapa siklus.

                                                DAFTAR PUSTAKA
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Comments

Popular posts from this blog

pesawat atwood

Tangki Riak

Model-Model Dan Bentuk Penelitian Tindakan Kelas